Minggu, 11 Desember 2011

Memahami Bahasa Komputer

Sama kayak manusia, komputer juga punya bahasa. Sebetulnya waktu kita ngetik dokumen, browsing, main game, copy-paste file, atau nyala-matiin komputer, semuanya disusun dari bahasa komputer. Misalnya, coba klik ini: http://www.google.co.id. Setelah ngeklik link itu, kita akan dibawa ke website Google. Kenapa bisa begitu? Karena dibalik link itu ada bahasa yang memberi perintah kepada browser untuk membawa kita ke website Google.

Buat operasi dasar aja ada bahasanya, jadi kalo mau bikin program atau website harus ngerti bahasanya. Bahasa  buat memprogram komputer ada banyak. Kalo buat website, dasarnya HTML. Tapi kalo buat website bagus, nggak cukup HTML. Ada Javascript atau VBScript buat pemroses di browsernya, ada juga PHP, ASP, Django, dll. buat pemroses di servernya. Kalo buat bikin software atau program, pilihan bahasanya lebih banyak. Ada C, C++, Pascal, BASIC, Python, Visual Basic, Matlab, Haskell, dll.

Buat ngerti bahasa pemrograman, nggak jauh beda sama memahami bahasa manusia. Gampangnya, biasanya kalo kita belajar bahasa manusia kan harus tau vocabularies/kosakatanya dulu, baru grammar/tata bahasanya.. Bahasa pemrograman juga begitu. Saya ambil contoh, bahasa Python *soalnya emang cuma ini bahasa yang saya ngerti*.

Dalam Python, kosakata-kosakata ini disebutnya keyword *kalo bahasa lain saya nggak tau*. Keyword Python ada banyak, ada print, if, elif, else, def, class, from, import, as, dll. Masing-masing keyword ada fungsinya sendiri. Misalnya, keyword print itu fungsinya buat nampilin tulisan. Keyword if fungsinya sebagai statement yang conditional. dll.

Kalo udah belajar kosakatanya, lanjut ke belajar tata bahasanya. Biasanya tata bahasa pemrograman disebutnya syntax/sintaks. Misalnya, keyword print di Python 3.x itu syntax-nya begini:
print("[tulisan yang mau ditampilin]")
Kalo keyword if, syntax-nya begini:
if [condition]:
    [event]
Soal ini, tata bahasa pemrograman nggak boleh salah. Kalo salah, ya error. Programnya nggak bisa jalan.

Nah kalo udah ngerti kosakata sama tata bahasanya, tinggal diterapin. Disini, kita coba buat nampilin tulisan "Hello world!" pake bahasa Python. Kita udah tau keyword yang tepat buat nampilin tulisan, yaitu print. Kita juga udah tau syntax-nya. Jadi beginilah bahasanya kalo mau nampilin tulisan "Hello world!":
print("Hello world!")

Ya singkatnya, begitulah cara gampang memahami bahasa komputer. Nggak jauh beda sama bahasa manusia. Kenali kosakatanya, baru pahami tata bahasanya. Kalo ada yang salah-salah, bolehlah isi kolom komentar di bawah ini dengan perbaikannya. Saya juga masih belajar soal programming ini. Sekian, wassalam.

2 komentar:

  1. Misi gan,,
    saya pemakai seven ultimate 32 bit. saya instal python 2.7.3 untuk windows.
    saya mengikuti petunjuk dengan benar cara pemakaian,tapi ketika program jadi dan saya running selalu invalid syntax. mhon pencerahannya, saya sudah buat program yang pendek untuk uji aja,tapi lagi-lagi syntax error.
    terimakasih,,
    jojo_sukses@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesan "invalid syntax" berarti sintaks di programnya memang ada yang salah mas. Salah grammar lah istilahnya.

      Hapus