Jumat, 09 Maret 2012

AKG 100%(?)

Pernah nggak, sekaliii aja seumur hidup, iseng-iseng ngebacain informasi nilai gizi (nutrition facts) di bungkus makanan atau minuman ringan? Di situ biasanya ada daftar kandungan gizi, jumlahnya, sama AKG-nya tuh. Apa sih AKG itu?

AKG itu Angka Kecukupan Gizi, (kayaknya sih) jumlah gizi yang kita butuhkan dalam sehari. Kecukupan gizi tiap orang bisa beda-beda, makanya di tabel informasi nilai gizi itu ada tulisannya di bawahnya, "persen AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal. Kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah."

Biasanya di tabel itu disebutin gizi-gizi yang terkandung, terus banyaknya, terus persentase AKG-nya. Misalnya kebutuhan kalsium sehari itu 700mg. Kalo kalsium yang terkandung di makanan atau minuman itu cuma 21mg, berarti baru 3% AKG. Gitu aja.

Yang jadi masalah disini, gini, sekarang banyak makanan sama minuman yang ber-AKG 100%. Apalagi AKG vitamin C 100% tuh.

Ya terus kenapa?

AKG itu kan kecukupan gizi buat sehari, kalo AKG-nya 100% ya berarti kebutuhan buat sehari itu udah tercukupi dong. Jangan kebanyakan nambah lagi, biar nggak berlebihan. Islam ngajarin, semua yang berlebihan itu nggak baik, dan semua agama pasti ngajarin itu juga.

Misalnya gini. Kalo kita habis minum minuman yang AKG vitamin C-nya 100%, berarti setelah itu seharian kita nggak boleh banyak-banyak makan/minum sesuatu yang ada vitamin C-nya, biar nggak berlebihan jadinya. Ya itu tadi, segala yang berlebihan nggak baik. Kelebihan vitamin juga bisa bikin penyakit.

Semuanya juga gitu, nggak cuma vitamin. Mineral, protein, kalo berlebihan ya nggak baik juga. Jadi, cermat-cermatlah.


NB: oh iya, semua yang ada di postingan ini cuma menurut saya ya yang awam tentang kedokteran. Kalo ada dokter atau ahli gizi yang (pastinya) lebih ngerti dan nemuin kesalahan, bolehlah ngasih perbaikan di kolom komentar.

2 komentar:

  1. gw seneng ada yg concern soal gizi, yap bener kalo kelebihan bisa ngerusak ginjal/hati, makanya ati ati kalau makan tablet vitamin c atau minuman jeruk yg botol(sebut saja uc1000 hihihi)

    BalasHapus
  2. terus tingkatkan gizi baik

    BalasHapus