Jumat, 30 Maret 2012

Dilema Berat Buat Pemerintah

Duh, akhir-akhir ini rame banget demo nolak kenaikan harga BBM di Jakarta. Nggak cuma di Jakarta sih, di banyak daerah lain juga. Ada yang sampe rusuh malah. Ya terus gimana dong? Premium harganya Rp4500 aja, rakyatnya banyak yang masih melarat. Segitu disubsidi tuh. Gimana kalo subsidinya dihapus? Ya bisa tambah melarat. Tapi kalo disubsidi terus, APBN bisa jebol. Dilema bener yah...

Kitanya juga sih yang bedebah, tadinya (dan mestinya) kan Premium yang disubsidi itu buat orang-orang yang kurang mampu. Tapi orang-orang yang (bisa dibilang) mampu malah ikut-ikutan pake Premium. Padahal udah disuruh pake Pertamax, dan udah jelas subsidi itu buat rakyat yang kurang mampu. Mungkin pemerintahnya gedeg juga kali lama-lama, akhirnya dihapus subsidinya.

Tapi di sisi lain, ya itu tadi. Kalo BBM terus-terusan disubsidi, APBN bisa jebol. Padahal harga BBM di Indonesia udah termasuk yang termurah di dunia nih, ditambah subsidi lagi. Di luar negeri harga BBM tuh mahal. Bisa >Rp10rb. Malah katanya ada negara yang narik pajak dari penggunaan BBM. Mungkin inilah yang bikin Indonesia jadi mangsa para penimbun. Beli BBM murah di sini, dijual mahal di luar.

Tapi subsidi dihapus atau enggak, pasti ada baik-buruknya masing-masing...

Misalnya BBM Jadi Naik
Berarti orang-orang berpeluang besar buat lebih males pake BBM. Berarti orang-orang bakal lebih jarang pake kendaraan bermotor pribadi, udara lebih bersih, jalanan lebih lancar, parkiran buat sepeda lebih lapang. Orang-orang pada beralih naik kendaraan umum, penerimaan pemerintah lebih banyak, lebih banyak modal buat bangun infrasturktur, rakyat lebih enak juga jadinya. Kalo enggak naik kendaraan umum ya pada naik sepeda, lebih sehat, lebih ramah lingkungan. Duh, enak deh jadinya...

Terus juga cadangan minyak bumi jadi lebih hemat. Tetep bakal habis sih, tapi habisnya lebih lama. Lebih mendukung juga buat pengembangan energi alternatif. Beban APBN berkurang. Kalo nggak dikurangin ya bisa dialihkan buat pembangunan infrastruktur, buat kesejahteraan rakyat juga.

Tapi tetep ada sisi negatifnya. Ya apa lagi kalo bukan rakyat tambah susah? BBM naik, biasanya harga barang-barang ikut naik. Rakyat nggak setuju. Pemberontakan besar-besaran. Pemerintah yang sekarang digulingkan. Duh, ngeri... Tapi itu mah soal gimana konsisten, berani, dan tegasnya pemerintah aja sih sebetulnya. Kita juga yang setuju BBM naik dianggepnya lebih memihak negara daripada rakyat.

Misalnya BBM Batal Naik
Ya udah, demonya selesai. Pendemo-pendemo itu balik lagi ke kegiatan sehari-harinya seperti semula. Nggak ada rusuh-rusuh lagi. Harga-harga nggak jadi naik. Pemberontakan rakyat juga nggak jadi. Situasi kembali aman jaya sentosa. Pemerintah bisa fokus ke masalah-masalah lama yang belom selesai.

Tapi kalo terus-terusan ngandelin subsidi, APBN bisa jebol. Mau ngelanjutin pembangunan jadi susah. Partai-partai oposisi bisa pake alesan itu buat menggulingkan pemerintahan yang sekarang. Manggil kader-kadernya. Demo. Lama-lama rusuh. Pemberontakan. Pemerintah nggak mau ngalah. Duh ngeri... Terus juga biasanya selama pemberontakan itu, ekonomi negara jadi anjlok. Inflasi. Harga-harga naik. Rusuhnya makin jadi. Terus aja terus...

Terus juga kalo subsidi nggak dihapus, BBM tetep murah. Yang pake BBM tetep banyak. Indonesia juga tetep jadi mangsa para pemain minyak, yang beli bensin murah di sini dan di jual mahal di luar. Cadangan minyak Indonesia lebih cepet abis. Kalo udah abis, jadi pake BBM imporan terus yang lebih mahal. Harga barang-barang naiknya pasti lebih parah. Gawat deh...

Oke, jadi sekarang mau ngambil sikap gimana? Dukung apa nolak? Jujur, saya sendiri sih dukung BBM naik, biar orang-orang nggak terlalu tergantung sama BBM, cari energi alternatif lain, jalan lebih lengang, dan udara lebih bersih. #hbu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar