Jumat, 20 April 2012

UN Sebentar Lagi...

Duh, kakakakakita yang SMA udah pada selesai UN-nya. Nggak lama lagi gantian, giliran kita yang kelas 9 yang UN. Hasil belajar kita selama 3 tahun, ditentuin selama 4 hari ini. Nggak boleh gagal. Jangan sampe ada yang kecewa dengan hasil UN kita nanti. Duh, jadi cemas...

Libur masa tenang gini juga pada nggak boleh kemana-mana nih pasti. Dikeremin di rumah, disuruh belajar. Akses ke Internet dibatesin. Tiap saat dijejelin materi pelajaran 6 semester, sambil dihantuin berita-berita buruk tentang UN di tv. Pokoknya belajar, belajar, belajar!

Duh, mau ujian sekelas UN juga persiapannya nggak gitu-gitu amat juga kali. Walau harus serius, tapi tetep santai. Jangan terlalu dipaksain, apalagi dibawa stres. Yang ada malah bikin nge-down nantinya.

Ini ada beberapa tips belajar menjelang UN. Mungkin udah umum, tapi sekadar ngingetin aja. Barangkali lupa gitu kan:

Waktu belajar paling baik itu pagi-pagi. Otak masih seger habis bangun tidur. Pikiran masih jernih. Udara pagi masih bersih. Suasana juga lebih tenang. Mendukung banget deh pokoknya.

Sebelum tidur juga baca-baca lagi. Denger-denger sih, entah bener atau enggak, kalo belajar sebelum tidur, informasinya akan diolah di otak selama kita tidur. Itu katanya ya, katanya.

Nah, di hari H-nya, pagi-paginya, jangan belajar lagi. Udah, pokoknya tenangin diri aja buat ngerjain ujian. Belajar lagi cuma nambah tegang dan bukannya nggak mungkin malah bikin nge-down nantinya. Pokoknya santai aja.

Internet? Twitter? Game? Dikurangin aja, jangan distop. Belajar terus emang sering bikin bosen, jadi mood juga dijaga. Kalo udah kelewat bosen tapi tetep maksain kan malah nggak enak belajarnya.

Jaga kesehatan. Pola makan, pola tidur, sama pola belajar mesti dijaga. Jangan sampe waktu hari H-nya malah sakit. Kan ngeganggu banget tuh.

Yang terakhir, berdoa. Mau dikeremin buat belajar selama apa juga, kalo nggak diimbangin doa, bukannya nggak mungkin hasilnya malah dibawah orang yang belajarnya pas-pasan tapi berdoanya bener-bener. Ada campur tangan Tuhan di setiap kesuksesan yang telah dan akan kita raih. #tsahhh #tapibeneran

Baiklah, sekian tips dari orang-orang yang saya kompilasi. Semoga kita semua lulus UN ini dengan hasil terbaik, dan bisa lanjut ke SMA harapan kita. Amin!

2 komentar: