Rabu, 07 Juli 2010

Kenapa Windows 7 dibilang lambat?

Windows 7 udah pada tau kan? Windows terbaru yang diluncurkan Microsoft pada 22 Oktober 2009. Performanya dikatakan lebih baik dari Windows Vista. Sekarang sudah banyak laptop yang sudah "pre-installed" Windows 7. Tapi banyak pengguna lebih memilih untuk men-downgrade Laptopnya ke Windows XP, padahal dukungan terhadap Windows XP SP3 akan berakhir pada tahun 2014. Windows 7 lambat katanya.

Menurut saya, masalahnya terletak di RAM-nya. RAM memang cukup andil dalam menentukan kecepatan komputer. Pada laptop dengan RAM 1 GB, Windows 7 akan terasa lebih lambat daripada Windows XP. Yang perlu kita tahu adalah RAM minimal yang dibutuhkan untuk Windows 7 32-bit adalah sebesar 1 GB, sedangkan Windows XP hanya butuh sebesar 128 MB. Jadi, pada laptop dengan RAM 1 GB Windows XP jelas jauh lebih cepat ketimbang Windows 7, karena RAM yang terpasang di laptop tersebut 8 kali lebih besar dari yang dibutuhkan Windows XP. Mungkin, kalau Windows XP diinstal pada laptop dengan RAM 128 MB, kecepatannya juga akan menjadi lambat.

Singkatnya begini:
RAM 1 GB = RAM minimal Windows 7
RAM 1 GB = 8x RAM minimal Windows XP
Jadi Windows XP kecepatannya 8x kecepatan minimal, dan Windows 7 kecepatannya 1x kecepatan minimal atau kecepatannya minimal pada laptop dengan RAM 1 GB.

Penjelasan diatas masih menurut saya, jadi tidak pasti benar. Jika anda adalah seorang ahli dan menemukan tulisan ini benar atau salah, tolong dikomentari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar