Minggu, 22 Mei 2011

Antivirus: Microsoft Security Essentials

Gimana? Setelah hari kiamat kemaren, ada yang masih hidup? *heheheh*. #nyindir


Tapi mau gimana juga, selama ada Internet, flash disk, disket, teknologi komputasi awan, dll., virus pasti akan tetap hidup. Terus menjamah komputer-komputer di seluruh dunia. Enggak peduli yang punyanya koruptor, tukang bakso, desainer grafis, petani, konglomerat, nasionalis, Freemason, anak kecil, orang Bugis, atau siapa ajalah, virus itu bisa menjangkiti.



Nah, buat pengguna Windows, Microsoft nyediain antivirus khusus. Namanya Microsoft Security Essentials. Tenang aja, MSE ini gratis kok. Yang jelas sih, MSE ini fiturnya lebih lengkap dari pada Malicious Software Removal Tool sama Windows Live OneCare. Kalo sama Windows Defender dan Microsoft Forefront, saya nggak tau.


Oh iya, buat yang belom punya, silakan download disini. Tapi satu yang harus diperhatikan sebelum nge-download: Windows-nya harus asli *makanya jangan beli bajakan*.


Kalo saya sendiri sih, awalnya pake MSE cuma coba-coba. Ternyata bagus juga, jadi masih saya pake sampe sekarang. Selama saya pake MSE ini, sering ada virus terdeteksi. Berarti kan sistem pendeteksiannya bagus. Kayak kebanyakan antivirus lain, ada fitur update otomatis. Bisa scan flash disk otomatis juga.


Satu kelebihan MSE: ada fitur keanggotaan SpyNet. Jadi kalo ada virus jenis baru, bisa dilaporin ke Microsoft biar berguna buat anggota lain. Kita bisa pilih keanggotaan tingkat dasar (Basic Membership), keanggotaan tingkat lanjut (Advanced membership), atau milih nggak gabung. Buat gabung keanggotaan, tinggal pilih di tab Settings > Microsoft SpyNet. Kalo mau gabung, nggak ada pendaftaran. Cukup klik tombolnya, dan selesai.


Kelebihan lainnya: kalo ada ancaman atau virus yang masih terasa asing atau perlu dilaporin, MSE biasanya minta izin buat nge-upload filenya ke Microsoft. Kalo ada file yang dicurigai, nanti muncul jendelanya yang isinya daftar file-file yang dicurigain. Tinggal klik Send, nanti filenya di-upload otomatis ke Microsoft.


Tapi jujur deh. Di komputer saya ini, kalo MSE nemu virus, ngatasinnya lama. Lamaaa banget. Bahkan walau cuma nemu satu atau dua virus. Waktu pemindaian (scanning) juga masih lama. Apalagi Full Scan. Bisa 3-4 jam, di komputer saya.


Tapi secara keseluruhan sih, saya suka antivirus ini.


Ya sekian ulasan dari saya sendiri. Barangkali bisa jadi pertimbangan buat milih antivirus yang cocok. Semoga berguna ya.

3 komentar:

  1. namanya full scan pasti lama begitu juga anti virus lain kalo full scan tapi walaupun lama scaningnya tapi maksimal

    BalasHapus
  2. sip gan. ane juga pakek.. ya sama gan lw nyeken luama banget..
    ane cuma pakai satu ini tok..

    BalasHapus
  3. ane juga mannntabb (y) win 7 64bits sp1 ori + mse update,,,,,emm,,kira2 ada tmbhan antispyware lagi gag ya? #apa bener uda paling aman# hehehee

    BalasHapus