Senin, 06 Juni 2011

Sekumpulan Script PHP Kok Haram?

Masih inget kan kasus kejahatan di Facebook yang rame di bertia-berita? Waktu itu taun 2009 kalo nggak salah. Apa 2010 ya? Ya pokoknya udah agak lama lah, tapi belom terlalu lama. #ribet

Ada kasus penculikan, penipuan, yang semuanya awalnya dari kenalan di Facebook. Mungkin karena terlalu asyik atau kenapalah, sampe-sampe calon korban ini mau ngasih informasi penting tentang dirinya. Jadilah diculik.




Gara-gara kasus-kasus kejahatan ini, malah sampe ada yang memfatwakan Facebook itu haram. Tapi bukan MUI. Pesantren-pesantren, kalo nggak salah. Mereka ngelarang santri-santrinya main Facebook. Takut kejadian yang enggak-enggak.

Apa? "Takut"? Kok takut? Bukannya jejaring sosial sejenis Facebook malah mempermudah menyalurkan pendapat dan berdakwah? Kok takut? Apa ngelarang orang Facebook-an itu namanya bukan pengekangan hak menyampaikan pendapat?

Saya sendiri sih nggak setuju sama yang memfatwakan Facebook itu haram. Facebook itu ibarat, singkong. Orang beli singkong buat dimasak, ya kan? Bisa buat direbus, digoreng, dibikin nasi tiwul atau dibikin kue.

Tapi singkong itu kan keras. Ujungnya lancip. Buat ngegebuk orang lumayan banget tuh, pasti sakit. Buat nusuk orang pake ujungnya juga sakit. Kan keras, bisa juga buat ngeganjel persimpangan rel kereta api, bikin kereta anjlok. Nah, apakah berarti beli singkong itu haram? Enggak kan?

Ya itu masih menurut saya. Jadi ya tergantung penggunanya juga. Tapi mau gimana juga, sebagai Facebookers harus berhati-hati. Jangan sampe kita kena kasus kejahatan sejenis itu. #amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar