Senin, 18 Juli 2011

Social Networking: Foursquare

Dan ternyata jejaring sosial nggak cuma microblogging sejenis Twitter dan IM sejenis MSN loh. Ada juga jejaring sosial berbasis lokasi. Maksudnya berbasis lokasi itu, kira-kira, jadi yang kita share itu lokasi tempat kita berada, atau lokasi-lokasi yang menarik. Istilahnya, venue lah.

Sekarang ini udah banyak jejaring sosial berbasis lokasi. Ada Loopt, Gowalla, Foursquare, Yahoo! Koprol (Koprol ini asli Indonesia loh. Hebatnya, sampe dibeli Yahoo! Inc.), Facebook Places, dan masih ada lagi deh. Tapi yang sekarang perkembangannya pesat dan yang paling saya suka itu Foursquare.

Inti dari ber-Foursquare itu check-in. Tiap kita pergi ke suatu tempat, check-in dulu di Foursquare. Di venue yang tersedia. Mungkin kalo di Facebook atau Twitter, kita update status/ngetwit "Lagi di bandara nih, ngejemput sodara". Kalo di Foursquare cukup check-in, dan tulis pesan bersama check-in itu.

Foursquare itu fiturnya masih banyak loh. Ada badge, shout, point, leaderboard, tips, dan masih banyak yang nggak bisa diulas saut-satu disini.

Sekarang ini check-in di Foursquare baru bisa lewat hp. Lebih susahnya lagi, fitur lengkapnya cuma bisa lewat client, yang nggak bisa diinstal di semua hp. Client Foursquare baru ada buat hp Android, Blackberry, iPhone, Palm, Windows Phone, dan Symbian (S40 keatas).

Jadi kalo kita nggak punya hp tersebut, ya kita check-in dari mobile website-nya: http://foursquare.com/mobile, dengan fitur yang lebih sedikit. Misalnya, kalo check-in dari mobile website, kita nggak bisa dapet mayorship.

Dan masalah lain di Foursquare adalah banyak, banyak banget venue yang sama. Jadi agak susah kalo mau check-in. Tapi masalah ini datang dari penggunanya yang bikin banyak venue, bukan Foursquare-nya.

Cukup sampai disini lah ulasannya.

Tunggu apa lagi? Ayo daftar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar