Selasa, 20 Desember 2011

Membaca Emosi dalam Sebuah Tweet

Di Twitter kita bisa temuin bermacam-macam orang dengan bermacam-macam tweet. Ada tweet lucu, ada tweet menggembirakan, ada tweet marah, ada tweet galau, ada tweet sedih, ada tweet menghebohkan, ada tweet menginspirasi, macem-macem.

Nah, yang dibahas disini adalah tweet marah atau sakit hati. Ciri-ciri tweet yang bener-bener marah. Semua yang dibahas disini cuma hasil pengamatan saya, mungkin ada yang beda dari kenyataannya. Tapi barangkali berguna juga, simak ya!

Pertama, tanda baca dan besar-kecilnya huruf lebih mewakili emosi daripada emoticon dan hashtag. Seringkali begitu. Kalo nemu tweet marah tapi ada emoticon atau hashtag, kemungkinan besar marahnya nggak serius, cuma bercanda. Kalaupun ada tweet yang marahnya serius dan mengandung emoticon atau hashtag, itu jarang banget.

Tweet yang marah ada mention ke orang yang jadi tujuan kemarahan. Marahnya orang Twitter itu biasanya berupa sindiran. Jadi nggak nge-mention langsung ke orangnya. Kecuali kalo orangnya emang berani frontal, bukannya nggak mungkin dia nge-mention orang yang dimarahinnya langsung, terang-terangan.

Beberapa orang, begitu dapet satu masalah, Twitter langsung jadi korbannya. Langsung. Intinya, beberapa orang buka Twitter cuma buat marah-marah. Kalo dia nggak ngetwit selama beberapa jam (sesuai kebiasaannya) dan begitu ngetwit langsung marah, kemungkinan itu lagi marah beneran.

Kalo kita lagi mentionan sama seseorang dan kita nge-mention dengan kalimat yang relatif "pedes", lalu orang itu nggak ngebales tweet "pedes" itu atau cuma ngebales dengan "oh" dsj., ada dua kemungkinan. Pertama, dia sengaja pengen bikin kita panik. Kedua, dia beneran sakit hati sama tweet itu. Watch out...

Pernah nemuin ciri-ciri ini di tweet temen-temen kita? Jangan usik orang itu. Mungkin dia lagi bener-bener sakit hati karena seseorang atau sesuatu. Berhati-hatilah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar