Jumat, 13 Januari 2012

Kebudayaan Twitter Indonesia

Mungkin bisa dibilang, Twitter Indonesia itu adalah salahsatu peradaban Twitter yang kebudayannya paling maju. Tweeps-tweeps baru/newbie aja banyak yang kebingungan sama sistem kebudayaan peradaban Twitter Indonesia yang kompleks. Semoga postingan ini berguna buat mereka yang masih bingung atau mungkin mau mendalami dan mempelajari kebudayaan ini.



#openfollow dan #jfb
Kalo mau nyari temen atau follower baru dalam jumlah banyak dalam waktu singkat, bisa pake hashtag  #openfollow ini. Cara kerjanya adalah, kita ngetwit #openfollow. Jangan lupa minta bantuan ke follower kita buat nge-RT tweet itu. Kalo ada follower-nya follower kita yang tertarik dengan #openfollow itu, dia akan nge-RT. Otomatis follower-nya dia akan ngeliat tweet itu dan nge-RT kalo tertarik. Akhirnya #openfollow itu tersebar luas. Akhirnya kita tinggal nge-follow-follow-in orang-orang yang nge-RT #openfollow tadi dan nagihin follow back dari mereka. Jadilah temenan. Begitulah kira-kira cara kerjanya.

Beberapa dari mereka yang ngetwit #openfollow, ngasih kriteria buat orang yang mau mereka terima #openfollow-nya. Misanya khusus KPopers, atau khusus orang Manokwari, atau terserah merekalah. Kadang-kadang mereka juga ngasih batas waktu sama batas jumlah account yang mau mereka follow. Biasanya mereka juga nambahin hashtag #jfb di belakangnya. #jfb ini kepanjangannya "janji follow back", sebagai penegasan buat nge-follow back. Tapi ada sih orang yang nggak perlu follow back, biasanya mereka nambahin "TANPA FOLLOW BACK", "tanpa #jfb" atau sejenisnya. Contoh tweetnya gini:
#openfollow unlimited sampai jam 5 sore ini. #jfb yaa.. *follower yang baik bantu pliiis* 
Unlimited itu maksudnya, jumlah account yang diterima #openfollow-nya nggak terbatas. Atau contohnya lagi begini:
#openfollow for 85 acc, khusus ELF dan SONE, no SB #jfb *follower bantu*
Kalo kita ngeliat ada temen kita ngetwit #openfollow, jangan pelit-pelit laah buat bantu nyebarin #openfollow-nya. RT #openfollow itu dengan "*b" di depannya. Jadi gini nih:
*b RT @rujaksausmustard: #openfollow for 5 acc #jfb just RT
Dan buat nagihin follow back-nya, cukup begini:
@ketopraksauskacangpistachio Followed. #jfb-nya tepatin ya
Kadang juga boleh rada ngancem:
@gadogadosauskacangalmond Followed. Tepatin #jfb atau unfollow
Inilah indahnya kebudayaan Twitter Indonesia. Setelah dapet follower baru, nggak lantas ditinggalin gitu aja. Ada budaya perkenalan, meskipun beberapa cuma nganggep sebagai basa-basi aja. Kebanyakan tweeps nyebutnya intro. Yang diperkenalkan itu nama, usia, kelas, dan kota tempat tinggal. Biasanya formatnya gini:
<nama>, <usia>yo, grade <kelas>, <kota>
"yo" itu maksudnya years old, kelasnya juga format 1 SMP = kelas 7. Contoh percakapan sederhananya gini:
*yang buka #openfollow adalah @burgerkambingettawa*
- @terasiudanggalah Followed. #jfb nya tepatin ya
- @burgerkambingettawa Followed
- @terasiudanggalah Ok, intro?
- @burgerkambingettawa Gala, 14yo, grade 9, Garut, #hbu?
- @terasiudanggalah Eta, 16yo, grade 11, Mamuju.
- @burgerkambingettawa ntky kak :)
- @terasiudanggalah ntky too :)
#hbu adalah singkatan dari "how 'bout you?" atau "bagaimana denganmu?" (dalam kasus ini, "sendirinya?"). Ntky artinya "nice to know you" atau "senang bisa mengenalmu".

Oh iya, beberapa orang yang tertarik #openfollow, nambahin "*m" di belakang RT-nya. Artinya "mau". Dan buat yang mau bantu nyebarin #openfollow, "*b" artinya "bantu".

#hbu
Di luar #openfollow, hashtag #hbu ini biasanya dipake buat iseng-iseng nanya pendapat orang atau sejenisnya. Bisa film kesukaan, tanggal lahir, lagu yang lagi didengerin, tanggal daftar Twitter, atau apa aja. Siapapun boleh nanggepin tweet #hbu ini. Tapi tanggepannya harus berbentuk RT, bukan reply. Soalnya, topik pembicaraannya lebih gampang dan jelas dimengerti daripada dalam bentuk RT. Contohnya tweetnya gini:
Daftar Twitter tanggal 26082009 #hbu?
Contoh tanggepannya gini:
13022010 RT @gulaisapilimosin: Daftar Twitter tanggal 26082009 #hbu?
Penanggap berikutnya:
04122009 RT @sateayamkate: 13022010 RT @gulaisapilimosin: Daftar Twitter tanggal 26082009 #hbu?
Begitu seterusnya. Sesederhana itu.

#infolimit
Salahsatu hal yang bikin indah kebudayaan Indonesia adalah budaya gotong royongnya. Kenal nggak kenal, kalo ada yang kena musibah, saling gotong royong buat bantu. Twitter Indonesia pun begitu. Satu pengguna kena limit, temen-temennya bantu sebarin kabarnya. Bahkan yang nggak kenal juga ikutan. Tapi, apa itu limit?

Biasanya limit terjadi kalo kebanyakan ngetwit dalam suatu waktu. Selama limit, seorang pengguna nggak bisa ngirim tweet baru, tapi masih bisa buka timeline-nya. Biasanya limit berlangsung selama beberapa jam. Jadi yang kena limit, sabar ya...

Hashtag #infolimit ini dipake buat ngasih tau orang-orang kalo ada yang lagi limit. Sebetulnya maksudnya cuma biar orang-orang tau kalo orang ini nggak ngetwit karena lagi limit. Nggak ada pengaruh perpendekan masa limitnya orang itu. Kalo kita lagi limit, minta tolong di-#infolimit-innya ya lewat sms, telpon, atau apalah, yang jelas nggak lewat mention. Kenapa? Lah kan lagi limit.

Contoh tweet #infolimit begini:
#INFOLIMIT @kerupukikansalmon lagi limit nih, kenal nggak kenal bantu RT yah!
Udah, gitu aja. Tunggu tweet itu kesebar dengan RT-RT atau retweet-retweet dari orang-orang yang peduli. Dan kalo nemu tweet #infolimit ini, jangan pelit-pelit laah buat nge-RT atau retweet. Apalagi kalo temen kita yang lagi limit. Sebagai cerminan pribadi tweeps Indonesia yang berbudaya gitu kan... #halah

#mjb
Tweeps Indonesia juga punya adat kesopan-santunan sendiri dalam bercakap-cakap. Kalo ada orang yang mau gabung dalam sebuah percakapan, dia nggak asal langsung nyerobot dan ngomong. Nggak gitu. Dia bilang "permisi" dulu. Di Twitter, kita pake hashtag #mjb. #mjb itu kepanjangannya "maaf join bareng". Kadang nggak dalam bentuk hashtag, cuma gini: *mjb. Contoh penggunaanya gini:
bulan februari tahun ini #mjb RT @dodolgarutbaratdaya: katanya sih gitu, tapi nggak tau kapan RT @manisanasparagus: eh emangnya evanescence mau konser di indonesia ya?
Oh iya, kadang tulisannya juga bukan mjb, tapi jb aja.

4l4y
Alay itu dianggap sebagai sesuatu yang tabu di Twitter, bahkan ditentang. Jadi jangan sekali-sekali mempertontonkan kealayan di Twitter, baik tweet, username, bio, hati, maupun pikiran.

Frontaaal!
Jangan heran kalo beberapa orang di Twitter ngomongnya blak-blakan banget, alias frontal. Itu hal biasa di Twitter. Sebagian besar orang yang ngefrontal, nggak nyebutin atau mention nama orang yang lagi difrontalin. Jadi jangan geer duluan, gampang tersinggung dan kesindir kalo nggak mau kena frontalannya. Yang mau ngefrontal juga mesti hati-hati. Kadang-kadang satu orang yang difrontalin, tapi satu timeline kesindir semua.

Bermain-main dengan hashtag
Tweeps suka permainan. Permainannya ya nggak usah ditanya lagi lah, udah jelas berbentuk tweet. Kadang mainan kalimat, atau kadang juga mainan hashtag. Ada beberapa account yang jadi "moderator" atau "penyelenggara" permainan ini, misalnya @HestekBangke yang suka mainan hashtag random, atau @sombongunite yang suka bersombong ria.

Ada juga hashtag #sawityowit yang biasa dimainin waktu sahur di bulan Ramadhan. #sawityowit kepanjangannya "sahur with your twit" kalo nggak salah. Ikutan main hashtag ini bisa dapet hadiah loh. Di belakang #sawityowit ini ada @desta80s dan gengnya.

Tapi kadang-kadang nggak dalam bentuk hashtag loh. Misalnya mainan ▲▼ (baca:atas-bawah), mainan "gausah sok...", atau sejenisnya.

Oke, di bagian ini nggak bakal dijelasin contoh tweetnya, soalnya permainan-permainan itu sering muncul secara spontan dan tak terduga. Awalnya cuma beberapa orang yang main. Lama-lama temennya pada ngikut. Akhirnya kesebar kemana-mana dan dimainin banyak orang. Malah bukannya nggak mungkin sampe jadi trending topic. Aturan permainannya juga nggak pernah tetap. Jadi bener-bener gimana kreatifnya kita aja sebagai tweeps.

#memetwit
Entah kenapa, malem Jumat jadi malem yang sering dibilang lebih serem daripada malam-malam lainnya. Di Twitter juga begitu. Buat memeriahkan seremnya malem Jumat, beberapa tweeps yang punya pengalaman mistis, atau pernah denger cerita serem dari temennya, atau juga jago ngarang cerita serem, nyeritain semua ceritanya di malem Jumat ini. Eh nggak harus malem Jumat juga sih, cuma banyak aja yang ceritanya waktu malem Jumat. Mereka pake hashtag #memetwit, entah apa artinya itu.

Cerita #memetwit dibagi dalam beberapa tweet. Kalo bener-bener panjang bisa dibagi sampe 20-an tweet. Sebetulnya nggak ada batesan harus berapa tweet, yang penting nggak ngeganggu timeline orang dan ceritanya harus selesai malam itu juga. Kenapa? Ya mana enak sih, udah denger ceritanya sampe tengah tiba-tiba berhenti nggak dilanjutin. Bikin penasaran tau.

Tapi #memetwit nggak selalu dipake buat cerita serem. Kadang #memetwit dipake cuma buat nakut-nakutin aja.

Account terkenal yang sering cerita #memetwit tiap malem Jumat itu @Poconggg. Beberapa account humor kayak @WOWKonyol juga kadang-kadang cerita #memetwit.

#FF
Di Twitter, entah gimana sejarah asal-usulnya, hari Jumat itu udah kayak hari yang "suci". Kayaknya Jumat itu bener-bener istimewa. Malah di Twitter kayak ada "tradisi" khusus di hari Jumat, yaitu #FF. Kepanjangannya "Follow Friday". Sebetulnya tradisi ini juga nggak asli dari Indonesia.

Jadi di #FF ini, kita promosiin account temen-temen kita atau account-account favorit kita, biar barangkali ada yang tertarik dan mau nge-follow mereka. Contoh tweetnya gini:
#FF --> @gulaikepalahamster @rendangayambekisar @sopkakitrenggiling @espisangmagenta
Nge-#FF itu harus ikhlas, jangan pamrih. Kalo nggak di-#FF-in balik, ya sabar aja, jangan ngambek.

TGIF
Masih dengan hari Jumat. Cuma mau ngasih tau aja nih, kalo ada yang ngetwit "TGIF" di hari Jumat, itu kepanjangannya "Thanks God It's Friday".

Hukum impas
Wess, jangan dikira di Twitter nggak ada hukum yang berlaku. Hukum yang berlaku di antara tweeps bukan hukum Eropa Kontinental atau hukum Anglo-Saxon. Yang berlaku disini adalah sistem hukum impas. Kalo dalam agama Islam ada hukum qishas, ya itulah hukum yang berlaku disini.

Unfollow dibales unfollow, block dibales block, report as spam dibales report as spam. Sesederhana itu, biar impas. Walaupun sebetulnya itu semua bukan bentuk kejahatan, tapi ya begitulah hukum yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat Twitter.

Karena setiap tweeps punya kendali penuh atas accountnya sendiri, jadi nggak perlu hakim atau pengadilan segala. Kalo di-unfollow, tinggal unfollow balik aja kalo mau. Kalo mau berbaik hati dengan tidak meng-unfollow balik, ya nggak apa-apa juga. Jadi nggak usah diributin gitu ah.

#17an
Tweeps Indonesia itu, nasionalis. Cinta bangsa dan tanah airnya. Buktinya? Tradisi #17an (baca:satu tujuan) di setiap tanggal 17 tiap bulan. Puncaknya jam 5 sore. Banyak tweeps menyuarakan cintanya terhadap Indonesia dengan hashtag #17an di belakangnya. Kira-kira begini contohnya *ceritanya kerja di luar negeri*:
Raga boleh di luar negeri, tapi hati dan jiwa tetap di Indonesia... #17an
Well, tradisi ini sempet berjalan selama beberapa bulan di tahun 2011 kemaren. Tapi entah pada lupa atau gimana, setelah 17 Agustus 2011 udah jarang kedengeran lagi. Tapi nggak apa-apa. Apalah arti sebuah hashtag #17an kalo cuma jadi hashtag selamanya dan nggak pernah terwujud? #17an boleh hilang, tapi semangatnya jangan pernah padam dari hati kita... #tsahhh

Okelah, kayaknya itu udah semua. Jadi, ternyata Twitter di Indonesia itu nggak cuma soal ngetwit yah, tapi ada kebudayaan, norma-norma, tatakrama dan aturan kesopan-santunannya sendiri. Itu semua yang membuat Twitter Indonesia unik, punya identitas sendiri. Jagalah norma-norma tersebut agar identitas kebangsaan Indonesia tetap tercermin dalam tweet setiap warga Twitter Indonesia... #eaaa

Mohon maaf jika pada postingan ini terdapat kesamaan nama, username, karakter, tweet, hal-hal yang berbau SARA, atau hal-hal provokatif lainnya dan menyinggung satu atau beberapa individu atau kelompok.

2 komentar: