Jumat, 06 Januari 2012

Things to Know About 2012

Oke, sekarang udah tahun 2012. Tahun yang (mungkin) istimewa dan beda dari tahun-tahun lainnya. Kenapa?

Banjir
Ini udah 5 tahun sejak tahun 2007, dan 2007 itu udah 5 tahun sejak 2002. Dan entah karena kebetulan atau ada penyebab ilmiah yang kita nggak tau apa itu penyebabnya, di tahun 2007 dan 2002 ini terjadi banjir bandang dimana-mana. Apalagi di Jakarta. Jadi kayak ada siklus banjir bandang 5 taunan. Berhubung ini udah 5 tahun dan memang kata BMKG juga sekarang lagi puncaknya musim hujan, siap-siap aja...

Krisis ekonomi
Akhir tahun 2011 kemaren, sekitar bulan November-Desemberan, indeks-indeks saham di seluruh dunia mengalami penurunan. Mungkin ini efek krisis utang di Eropa. Cuma 3 negara yang indeks sahamnya tumbuh waktu itu. Alhamdulillah, Indonesia masuk dalam 3 negara itu. Indonesia juga dapet predikat Investment Grade dari Fitch Rating.

Berarti ekonomi Indonesia masih kuat dong? Ya lumayanlah. Tapi jangan tenang dulu. Inget kan waktu ekonomi Indonesia lagi maju-majunya tahun 1997? Pertumbuhan positif di berbagai bidang, harga-harga murah, rakyat makmur sejahtera, USD 1 nggak sampe IDR 3000. Tiba-tiba semuanya berubah ketika Indonesia kena imbas krisis ekonomi Thailand *kalo nggak salah*. Harga-harga langsung meroket, Rupiah anjlok jauh, pokoknya ekonomi Indonesia langsung porak poranda deh. Makanya jangan seneng dulu, apalagi para pemain saham.

Kiamat
21-12-2012? Halah, lewatin aja.

Etapi tunggu dulu. Ada yang pernah dapet sms berantai tentang Ramadhan 2012? Kata guru PAI saya, *buat yang muslim nih* *agama lain nggak tau deh* salahsatu tanda kiamat itu adanya suara dari langit, entah suara ledakan atau apa, yang keras banget. Kejadiannya di pertengahan bulan Ramadhan. Saking kerasnya, orang yang berdiri bisa jatuh, orang yang tidur bisa terbangun. Nah menurut sms itu, peristiwa itu bakal terjadi di pertengahan Ramadhan 2012 ini...

Tapi saya nggak bilang itu bener yaa. Banyak orang yang nyanggah kebenarannya. Ya mau gimana juga, tetep aja kita harus siap, kapanpun terjadinya.

Badai matahari
Di tv-tv banyak tuh liputan tentang badai matahari. Kata para ilmuwan, emang diperkirakan akan terjadi badai matahari. Kalo ada yang bilang badai matahari terjadinya tahun 2012, itu baru awalnya. Puncaknya tahun 2013 nanti.

Badai matahari ini peristiwa yang wajar. Siklusnya setiap beberapa belas tahun sekali. 11 atau 13 tahun sekali gitu. Badai matahari kalo udah parah bisa ngerusak satelit. Sistem jaringan telekomunikasi dunia bisa lumpuh. Tapi alhamdulillah belom pernah kejadian separah itu.

Konser besar
Wah, tahun 2011 kemaren, Indonesia kedatengan banyak banget bintang-bintang penyanyi luar negeri yang ngadain konser besar. Mulai dari Westlife, @BrunoMars, 2PM, @DavidArchie, masih banyak deh. Tahun ini Indonesia juga mau kedatengan beberapa penyanyi terkenal.

Sementara ini, yang udah pasti sih ada @evanescence yang mau konser akhir Februari nanti, sama @katyperry yang mau konser akhir bulan Mei nanti. Denger-denger sih, Super Junior mau konser lagi tahun ini, tapi nggak tau kapan. @ladygaga juga pernah bilang mau konser di Indonesia, tapi nggak bilang kapan pastinya. Bisa tahun ini, tahun depan, atau kapanlah.

Presidential election
Tahun ini saatnya Pemilu presiden AS. Kenapa kita ikutan ribet? Ya namanya juga negara adikuasa, pasti ada imbasnya lah kecil-kecil juga.

Olimpiade
Oh iya baru inget, pertengahan tahun 2012 nanti ada Olimpiade yang digelar di London, Inggris. Semoga tim dari Indonesia kembali berjaya di Olimpiade, sebagaimana berjaya di SEA Games.

1 komentar: