Sabtu, 25 Februari 2012

Rasa ke-7 yang Hilang dari Lidah

Sejak kita SD, di pelajaran IPA kita diajarin 4 macam rasa yang bisa dikecap lidah. Ada manis, asin, asam, dan pahit. Dulu diajarinnya masing-masing rasa itu sampe ada peta daerah pekanya di lidah. Padahal menurut penelitian terbaru, semua rasa bisa dikecap di semua bagian lidah.

Terus, di tahun 1980-an, diakuin ada rasa dasar ke-5 di lidah manusia. Rasa umami/gurih. Peneliti di Jepang nemuin sumber rasa umami/gurih ini, yaitu glutamat. Makanya, biar makanan gurih sering ditaburin vetsin (mecin lah mecin), soalnya mengandung glutamat.

Baru-baru ini, ditemuin lagi rasa ke-6 yang bisa dikecap lidah manusia, yaitu rasa lemak. Kepekaan lidah tiap orang terhadap rasa lemak ini beda-beda. Makanya ada orang yang obesitas, karena kurang bisa ngerasain adanya lemak di makanannya.

Dari 6 rasa itu, kayaknya ada satu rasa yang kurang dari lidah manusia, terutama para pejabat yang kena kasus korupsi. Yaitu rasa bersalah.

Pak, bu, nggak capek apa ya, sidang tiap hari dengan bahasan yang muter-muter? Udahlah, jujur aja kali, biar kasusnya cepet selesai. Jangan ngasih bukti palsu mulu, bikin sidangnya muter-muter. Kita juga bosen kali, nontonin kasus yang itu-itu mulu di tv. Tiap hari diulang-ulang. Lagian nggak ngerasa bersalah apa ya, udah makan uang rakyat terus di sidang ngasih pernyataan bohong pula.

Yang terlibat tadinya A sama B aja. Tiba-tiba si A bilang ada D, temennya B yang bisnisan sama si C. Si C ngaku sering email-emailan sama si A sejak 2009, tapi si A ngakunya baru bikin email di pertengahan 2010. Si C sampe ngasih screenshot emailnya ke hakim. Di email itu ada E yang katanya kenalan si B. Si B ngakunya udah nggak pernah kontak-kontak lagi sama si E sejak setahun yang lalu, terus tiba-tiba si D bilangnya pernah denger si B nelpon si E Selasa malem kemaren di hotel. Tapi si C ngakunya lagi pergi bareng si D ke rumah sakit, ngejenguk anaknya. Aduh, njlimet bener kan...

Udahlah pak, bu, habis baca postingan ini, jujur aja di sidang nanti. Kasus cepet selesai, terdakwa cepet diadili, hukuman cepet selesai, cepet bebasnya, kita juga penonton tv sama pembaca koran jadi lebih nyaman nonton tv sama baca korannya. Sama-sama enak kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar