Selasa, 21 Februari 2012

Jadi Orang Jangan Rasis

Saya pernah baca, suatu hari ada insiden kecil di sebuah pesawat TAM Airlines (maskapai penerbangan asal Brazil). Semua penumpang udah di dalem pesawat, lagi nyari tempat duduknya masing-masing. Nah, di kabin kelas ekonomi ada seorang wanita bule, dapet tempat duduk di samping seorang laki-laki Negro.

Wanita ini langsung manggil pramugari.Pramugarinya nanya, "ada apa nyonya?" "Apa kau tidak lihat? Saya dapat tempat duduk di sebelah orang hitam. Saya tidak mau duduk disini. Kau harus mengganti tempat dudukku," jawab wanita itu. "Sabar nyonya. Nampaknya semua kursi di kelas ekonomi ini sudah ditempati. Tapi akan saya periksa dulu, barangkali masih ada kursi kosong." Pramugari itu pun pergi.

Beberapa menit kemudian, pramugari itu balik ke wanita bule itu dan bilang, "maaf nyonya, semua kursi di kelas ekonomi benar sudah terisi. Dan setelah saya konfirmasikan ke kapten, semua kursi di kelas ekonomi memang sudah terisi. Kami hanya punya beberapa kursi kosong di kelas bisnis."

Wanita itu diam sejenak. Lalu pramugari melanjutkan, "baiklah nyonya, perusahaan kami tidak biasanya mengizinkan penumpang di kelas ekonomi untuk berpindah ke kelas bisnis. Dan juga, kapten berpikir bahwa membiarkan seseorang duduk di sebelah orang yang tidak disenanginya akan menimbulkan skandal." Lalu pramugari memutar kepalanya ke arah pria hitam itu, dan bilang, "yang berarti, tuan, jika Anda berkenan untuk mengemasi barang bawaan Anda, kami telah menyediakan sebuah kursi di kelas bisnis." Penumpang lain di sekitarnya yang mendengar percakapan itu langsung bertepuk tangan. Bahkan ada yang sambil berdiri.

Hikmah dari cerita ini adalah: jadi orang jangan rasis. Sekian, wassalam.

(sumber: https://www.facebook.com/media/set/?set=a.10150208091472795.321435.73123962794&type=3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar