Sabtu, 07 Juli 2012

July 9th: Doomsday

Tunggu tunggu! Sebelum lanjut baca postingan ini, buka dulu website ini: http://dns-ok.us

.
.
.

Udah? Gimana gambarnya? Kalo background gambarnya ijo, berarti aman. Kalo merah, gawat.

Jadi gini ceritanya. Sejak beberapa bulan yang lalu, ada malware yang mewabah di jaringan Internet. Nama malware-nya DNSChanger. Website yang tadi itu buat ngecek, komputer kamu udah terjangkit malware itu atau belom. Kalo udah terjangkit, lalu lintas Internet komputer kamu bisa dimanipulasi pencipta malware-nya loh.

Cara kerjanya gini. Udah tau DNS (Domain Name System) itu apa? DNS inilah yang bikin browsing kita gampang. Mau buka Twitter tinggal ketik twitter.com. Tanpa DNS, kita harus ngetik sederet angka alamat server Twitter-nya. Jadi setelah ngetik twitter.com, server DNS yang akan nyambungin komputer kita ke alamat server Twitter. Semacem perantara gitu lah.

Kalo komputer kita udah terjangkit DNSChanger, komputer kita akan dihubungkan ke server DNS buatan penjahat yang nyiptain DNSChanger ini. Dari sini komputer kita dibawa ke website kejahatan buatan si penjahat tadi. Jadi meskipun yang kita ketik twitter.com, yang muncul malah website jahat itu. Di website jahat itu segala informasi yang ada di komputer kita bisa dikuras buat keuntungan mereka. Pokoknya begitulah.

Denger-denger malware DNSChanger ini cukup kuat, bisa ngelawan antivirus. Jadi yang komputernya terjangkit bisa nggak tau.

Tapi bagusnya, penjahat penyebar wabah malware ini udah ditangkep tahun lalu. Penjahatnya orang Estonia katanya. FBI sampe turun tangan buat ngatasin penyebaran wabah ini. Sambungan dari komputer yang terjangkit ke server penjahatnya dialihkan ke server sementara punya FBI. Dan buruknya, server sementara itu bakal dimatiin 9 Juli 2012 nanti.

Terus kenapa?

Komputer yang terjangkit nggak bakal bisa buka Internet. Oh no!

Mumpung belom tanggal 9, buru-buru singkirin DNSChanger ini. Buka ini deh buat info lengkapnya.

Jadi yang bilang tanggal 9 Juli ini FBI bakal nutup Internet selama-lamanya itu salah. Yang bener ya itu, server sementara buat komputer-komputer yang terjangkit bakal ditutup. Tapi yang terjangkit banyak sih, sampe jutaan komputer katanya. Jadi nggak terlalu salah juga kalo 9 Juli dibilang kiamat Internet. Internet doomsday.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar