Sabtu, 14 Mei 2011

Panduan Twitter: Tingkat Menengah

Twitter. Jejaring sosial berbasis microblogging yang sangat sederhana. Tapi justru sederhananya itu membuat Twitter enggak sesederhana itu. #aneh

Okeh, tapi dasar-dasarnya udah pada ngerti kan? Emang, kesederhanaan Twitter justru bikin Twitter enggak sesederhana itu. Kalo belom ngerti, baca postingannya dulu gih, hus hus...

Kalo udah ngerti, ayo kita lanjutin panduannya. Di panduan ini, kita akan ngebahas tentang searching, pengaturan-pengaturan, block, ngelaporin spam, favorite, list, ganti background profil, nge-tweet pake gambar dan kerasnya dunia Twitter. #halah


[PERINGATAN] Kayak postingan panduan Twitter sebelumnya, yang dibahas disini adalah twitter.com yang udah #NewTwitter, bukan Twitter lama atau client manapun. Ayo kita mulai!

- Pencarian

Sudah selayaknya, pada jejaring sosial manapun pasti ada fitur searching atau pencarian. Bisa nyari halaman, akun lain, status, atau yang lain. Kalo nggak ada fitur ini, kelewatan namanya.

Fitur searching di Twitter itu unik. Lain daripada yang lain. Ngebahas keunikannya, Insya Allah di seri panduan berikutnya aja ya. Agak rumit, soalnya. Disini kita bahas dasar-dasarnya dulu.

Kayak kebanyakan jejaring sosial lain, searching di Twitter, ada di bar atas. Ada kolom yang tulisannya search. Disitu tinggal diketik apa yang mau dicari. Terus, tinggal pencet enter atau gambar lup kecil di sebelah kolomnya.

Setelah itu, akan muncul halaman baru yang isinya hasil pencarian. Ada 3 tab di halaman itu. Ada Tweets, Tweets with links, sama People.

Tab Tweets, isinya hasil pencarian berupa tweet. Tab Tweets with links, isinya tweet yang mengandung link *yang satu ini saya nggak yakin*. Tab People, isinya hasil pencarian berupa akun Twitter.

Simpel kan? Iya, itu simpelnya. Masih ada teknik pencarian yang agak lebih rumit. Tapi enggak dibahas disini.

- Pengaturan-pengaturan

Sudah semestinya, layanan di Internet pasti ada pengaturannya. Kalo kita nggak suka satu fitur, tinggal dimatiin. Kalo satu fitur bikin ribet, tinggal diatur-atur. Ya begitulah.

Buat ngebuka pengaturan di Twitter, klik tombol di pojok kanan atas yang tulisannya username kita, terus klik Settings. Disitu ada berbagai pengaturan. Ada Account, Password, Mobile, Notifications, Profile, Design, sama Applications.

Di pengaturan Account, kita bisa ngerubah username, email, bahasa tampilan, zona waktu, lokasi tweet (biar Twitter bisa ngelacak lokasi kita dan dicantumkan di tweet kita), konten multimedia (buat ngatur konten yang bisa kita liat), proteksi akun (biar tweet kita nggak bisa diliat sembarang orang), HTTPS (pengaturan sambungan yang lebih aman, tapi biasanya bikin lebih lambat), dan tutup akun (jangan!).

Di pengaturan Password, ya kita bisa ngerubah password login kita.

Di pengaturan Mobile, kita bisa daftar buat nge-tweet lewat sms. Buat lebih lengkapnya, Insya Allah dibahas di postingan berikut-berikutnya.

Di pengaturan Notifications, kita bisa ngatur pemberitahuan lewat email. Ada pemberitahuan follower baru, DM, dan berita Twitter.

Di pengaturan Profile, kita bisa ngerubah nama, lokasi, website (bisa website pribadi, blog, website perusahaan, komunitas, atau yang lain), dan biodata (deskripsi tentang diri sendiri).

Di pengaturan Design, kita bisa ngerubah warna-warna desain (huruf, link, sidebar, dan warna latar), sama gambar background profil. Buat lebih lengkapnya tentang ngeganti gambar background profil, nanti dibahas dibawah.

Di pengaturan Applications, kita bisa ngatur dan ngeblokir aplikasi atau client yang bisa ngakses Twitter kita. Mungkin sama kayak pengaturan Connections di Foursquare.

- Block

Biasanya, pasti ada akun-akun yang bikin kita kesel. Ya mungkin menuh-menuhin mentionan, atau alasan lain yang bikin kita kesel. Nah, makanya di Twitter ada fitur block.

Kalo kita udah ngeblokir sebuah akun, nantinya akun itu nggak bakal bisa nge-follow kita dan ngeliat tweet-tweet kita, selama masih kita block.

Caranya, klik gambar gir di profil akun yang mau kita blokir, terus klik tulisan "Block [username]". Kalo mau nge-unblock, cukup klik Undo di sebelah tulisan Blocked.

- Ngelaporin spam

Saking sederhananya Twitter, bikin spam pun relatif gampang #relatif. Kadang-kadang, spam ini bisa bikin kita kesel. Ada yang nge-mention nggak jelas, ada yang kopipaste, banyak deh jenisnya.

Nah, di Twitter kita bisa ngelaporin spam itu. Sama kayak "Laporkan orang ini" di Facebook. Nantinya akun yang dilaporin bisa di-suspend sama Twitter.

Kalo kita nemu spam, cara ngelaporinnya cukup klik gambar gir di profil akun itu, terus klik tulisan "Report [username] for spam". Terus, tinggal ditindak sama Twitter.

- Favorite

Kalo di Facebook ada Like, kalo di Twitter ada Favorite. Tapi bedanya, kalo di Twitter, tweet yang kita tandain Favorite bakal disimpen dan bisa kita liat kapanpun.

Cara nandain Favorite, cukup klik gambar bintang di bagian bawah tweet. Kalo mau ngapus tanda favorite, cukup klik Unfavorite, di tempat yang sama.

Kalo mau ngeliat daftar tweet yang udah kita tandai Favorite, daftarnya ada di sidebar, sebelah kanan. Disitu, klik aja tulisan Favorites.

Kita juga bisa ngeliat tweet favorit orang lain. Caranya, cukup klik tab Favorites di profil orang itu.

- List

Aduh, ngejelasin list gimana ya?

Gini aja deh. Jadi di Twitter ini, kita bisa bikin beberapa timeline. Yang satu timeline utama, sisanya list. Biasanya, list dipake buat ngelompokin akun-akun. Misalnya, ada yang bikin list akun humor. Nah, timeline list itu isinya tweet-tweet dari akun humor semua, yang udah di-follow list itu. Contoh list humor yang udah saya buat, klik disini.

Cara bikin list, klik tab list di halaman utama, terus disitu klik Create a list. Di "jendela" yang muncul, atur deh segala sesuatunya. Namanya, deskripsinya, sama privasinya. Kalo provasinya diatur jadi Public, siapapun bisa nge-follow list yang kita bikin. Tapi kalo Private, cuma kita yang bisa liat.

Kalo mau masukin orang ke list, klik gambar daftar kecil di profil orang itu, terus centang-centangin list-nya.

Cara nge-follow list orang, klik tab Lists di profil orang itu, klik list yang mau kita follow, dan klik tulisan Follow this list. Di tab Lists itu juga, kita bisa ngeliat list-list yang nge-follow orang itu. Caranya, klik tab Lists itu, terus klik Lists following [username].

- Ganti background profil

Kayak di Plurk, di Twitter kita juga bisa ngeganti gambar background profil. Tapi di Twitter, kita bisa nge-upload satu gambar ukuran kecil, terus dibikin kayak ubin. Tapi dari Twitter sendiri sih, udah nyediain beberapa gambar background yang cukup menarik. Atau Twitter juga merekomendasikan layanan Themeleon, buat gambar background profil kita.

Buat ngeganti gambar background, ada di pengaturan Design, yang tadi udah sedikit dijelasin diatas. Disitu ada pilihan-pilihannya. Mau pake gambar yang udah disediain Twitter, nge-upload gambar sendiri, atau pake Themeleon.

Kalo mau nge-upload gambar sendiri, klik tulisan Change background image. Disitu, upload gambarnya.

Kalo mau jadi "pola berulang" *saya susah jelasinnya*, upload aja gambar ukuran kecil yang kalo dijejerin berulang bisa jadi pola tertentu. Terus, centag pilihan tile background.

Bingung ya? Saya juga susah jelasinnya. Gini aja deh. Buat bikin bakground Twitter saya, saya cuma nge-upload gambar kecil segini:

matrixtwitter.jpg

Terus, saya centang pilihan tile background. Klik Save changes, selesai.

- Tweet dengan gambar dan video

Twitter sendiri sih nggak nyediain layanan tweet dengan gambar. Jadi kalo mau nge-tweet ada gambarnya, harus pake layanan dari luar, misalnya Twitpic, Yfrog, dan Lockerz (dulunya Plixi). Video juga begitu. Harus pake layanan luar, semisal YouTube.

Sekarang kalo mau ngeliat gambar atau video yang ada di sebuah tweet, nggak usah repot-repot ngeklik link-nya. Tweet yang mengandung link gambar atau video, biasanya ada tandanya di pojok kanan atas tweetnya. Cukup klik tweetnya, dan gambar atau videonya muncul di sidebar kanan.

- Kerasnya kehidupan di Twitterland

Twitterland. Penduduknya unik-unik. Ada yang galau, ada yang ceria, ada yang optimis, ada yang pinter, ada yang alay *walaupun jarang*, ada yang suka nyindir, unik-unik lah pokoknya. Kebiasaannya juga unik. Mungkin nggak ada di ranah jejaring sosial lain.

Tapi, dengan segala keberagaman yang ada, kata siapa kehidupan di Twitterland itu aman banget? Itu teori yang salah. Spam berkeliaran dimana-mana. Link berbahaya juga bisa nggak diketahui keberadaannya.

Mungkin buat yang belom lama daftar Twitter, pada belom tau serangan hacker yang bikin seisi Twitterland gempar taun 2010 kemaren, kalo nggak salah. Jadi, orang-orang pada menghindari Twitteran lewat twitter.com, soalnya disitu bahayanya. Saya sendiri sih enggak tau betul apa bahayanya. Tapi yang saya denger sih, ada serangan lewat XSS (Cross-Site Scripting).

Dari yang pernah saya baca, tiap hari, Twitter ngeblokir banyak aplikasi-aplikasi yang berbahaya. Berarti kan ada banyak banget aplikasi yang berbahaya buat Twitter kita. Jadi kita harus hati-hati, dan mastiin aplikasi itu aman dan terpercaya.

Kayak yang di postingan sebelumnya, tweeps biasanya manfaatin layanan URL shortener buat mendekin link yang panjang. Disini nih, kita harus hati-hati. Biasanya, link yang udah dipendekin nggak bisa kita liat link aslinya. Jadi, kita harus percaya sama orang yang ngasih link.

Atau, di Google Chrome ada extension buat ngeliat alamat tujuan link yang udah dipendekin. Nama extension-nya panjang.in, asli Indonesia tuh kayaknya. Silakan instal disini: https://chrome.google.com/webstore/detail/behaimjkfebkkckdielnbjgghncggkkg

Bot sama spam juga harus diwaspadain nih. Mungkin enggak berbahaya, tapi kan sering bikin kesel. Sering mention-mention nggak jelas, atau ngopi-paste tweet kita. Kalo kesamber bot, block aja.

Jadi, selama Twitteran, kita harus hati-hati dengan bahaya yang tersebut.

Cukup sekian lah, panduan Twitter dari saya, buat tingkat menengah. Insya Allah, nantinya mau saya tulis juga panduan Twitter tingkat lanjut. Ditunggu ya, Tweeps!

2 komentar:

  1. Bagikanlah ilmu kepada orang lain, niscaya akan mendapatkan pahalanya. Laksana pohon yang berbuah dapat dimanfaatkan oleh orang yang membutuhkannya!

    BalasHapus
  2. terimakasih atas postingannya jadi bisa nge block orang yang nge-mention kata2 yang menyebalkan jadinya... :)

    BalasHapus