Selasa, 10 Mei 2011

Panduan Twitter: Tingkat Pemula

Aahh.. Twitter.. Lebih dari sekadar jejaring sosial. Lebih juga dari sekadar layanan microblogging. Twitter ini punya kekuatan besar. Seakan seluruh dunia bersatu dalam doa untuk para korban bencana alam. Seluruh penduduk negeri bersatu dalam satu suara untuk menyampaikan aspirasi mereka #halah *bahasanya ketinggian*. Malah, pemerintah Indonesia sampe kocar-kacir dibuatnya cuma gara-gara satu akun. Akun ini ngebongkar berbagai rahasia negara. Hebat kan kekuatan Twitter?

Ternyata bener kata tweeps, hampir setiap tweeps pasti ngerti cara pake Facebook. Tapi enggak setiap facebookers ngerti cara pake Twitter. Padahal, sebetulnya Twitter itu bisa dibilang jauh lebih sederhana.


Okelah, langsung aja ke panduannya. Eh, tapi udah pada punya akun Twitter belom? Kalo belom, daftar dulu gih sana. Hus hus...

Udah punya? Okelah, kita lanjut. Di panduan ini, kita belajar dasar-dasarnya dulu. Gimana cara ngetwit, reply/mention, DM, retweet, follow-mem-follow, hashtag, dan Trending Topic. [PERINGATAN] Twitter yang dibahas disini adalah twitter.com yang udah #NewTwitter, bukan dari Twitter lama dan client manapun. Soalnya, mungkin beda client, beda juga caranya.

- Tweet

Nge-tweet adalah pelajaran Twitter paling dasar. Percuma punya Twitter kalo nggak bisa nge-tweet. Kalo di Facebook, nge-tweet itu sama aja kayak update status. Di homepage, udah ada kolom buat nge-tweet dan tombol tweet-nya. Satu tweet dibatesin maksimal 140 karakter. Itu udah termasuk spasi, tanda baca, link, dan segala sesuatunya.

Karena dibatesin maksimal 140 karakter, kalo mau masukin link yang panjang sebaiknya pake layanan URL shortener. Di Internet banyak kok layanan ini. Ada bit.ly, ow.ly, goo.gl, tinyurl.com, atau yang asli Indonesia, pendek.in. Sebetulnya sih, di Twitter sendiri udah ada URL shortener, namanya t.co. Tapi enggak terbuka buat umum.

- Hashtag

Hashtag ini, mungkin nggak ada di jejaring sosial lain. Cuma ada di Twitter. Jujur, saya sendiri agak susah buat ngejelasin tentang hashtag. Kalo di beberapa tweet ada yang begini: #salahgaul, #yaiyalah, #kode, #jleb, #aduh, dsb., nah itu namanya hashtag. Formatnya ya begitu, #[hashtag].

- Reply/mention

Singkatnya, mention itu nggak jauh beda kayak nge-tag orang dalam sebuah status di Facebook. Kalo di Twitter, formatnya begini: @[username]. Contohnya gini: @twitter, @ev, @jack, @biz, @dadanhrn, dsb. Tiap mention-an akan masuk ke daftar mention.

Kalo reply, buat ngebales sebuah tweet. Enggak jauh beda sama mention. Sama-sama ada @[username]-nya. Tapi kalo mention jadi jelas percakapnnya. Biasanya, tweet hasil nge-reply tweet lain ada tandanya di pojok kanan atas. Kalo tweetnya diklik, muncul percakapannya.

- Follow dan unfollow

Namanya juga microblogging, jadinya ya ada follow-mem-follow. Bisa dibilang, nge-follow itu kayak nge-subscribe RSS Feed. Kayak nge-follow blog biasa. Ini nih, banyak tweeps yang bersaing dalam jumlah follower. Ada yang "yang penting banyak follower", ada juga yang "jumlah follower harus lebih banyak dari following". Tapi ya ada yang biasa-biasa aja.

Biasanya, orang nge-follow orang yang bukan temennya dan nggak minta follow balik, karena suka sama tweet orang itu. Kalo udah nggak suka, tinggal di-unfollow. Sesederhana itu.

Kalo mau nge-follow orang, cukup klik tombol follow di profilnya. Kalo mau unfollow, ya tinggal klik unfollow aja.

- Retweet

Singkatnya, retweet itu nyebarin ulang sebuah tweet biar bisa diliat follower kita. Mungkin mirip kayak re-blog di Tumblr. Jadi kalo kita suka sebuah tweet dan pengen follower kita baca tweet itu, cukup di-retweet aja. Caranya, cukup klik tombol retweet di bagian bawah tweet. Nanti, tweet yang kita retweet ada tandanya.

Mau liat daftar retweetan? Klik aja tombol Retweets yang ada di bagian bawah kolom tweet. Disitu ada "Retweets by others", isinya retweet-an dari orang yang kita follow. Ada juga "Retweets by you", isinya berbagai tweet yang pernah kita retweet. Ada lagi "Your Tweets, retweeted", yang isinya daftar tweet kita yang di-retweet sama follower kita.

- Direct Message (DM)

Kalo di Facebook, Direct Message itu sama kayak Private Message. DM ini tergolong tweet juga, tapi cuma bisa dibaca sama tweeps yang dituju. Tetep ada batesan karakter. Cara ngirim DM cukup klik tombol message di profil orangnya, terus ketik pesannya dan klik send.

Oh iya, DM cuma bisa dikirim ke orang yang udah nge-follow Twitter kita.

- Trending Topic

Trending Topic ini juga mungkin cuma ada di Twitter. Kalo ada topik-topik pembicaraan yang lagi rame diomongin tweeps sedunia, nongolnya di Trending Topics. Secara default, Trending Topic yang muncul itu topik-topik dari seluruh dunia atau Worldwide. Kalo mau ngeliat Trending Topic dari negara atau kota tertentu, cukup klik "change", terus tinggal pilih mau ngeliat Trending Topic dari mana.

Yaa.. Mungkin panduan Twitter tingkat pemula cukup segini dulu. Yang penting tau dasar-dasarnya dulu. Insya Allah, nantinya saya lanjutin nulis postingan panduan Twitter tingkat menengah dan tingkat lanjut. Keep tweeting, dude!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar