Rabu, 08 Juni 2011

Aha! IPv6!

Kalo hari ini masih tanggal 8 Juni 2011, saya cuma mau bilang: selamat Hari IPv6 Dunia!

Pasti ada yang nanya, IPv6 itu apa, ya kan? Singkatnya, IPv6 itu alamat IP generasi keenam. Kalo mau lengkapnya, baca di Wikipedia aja deh. Saya juga nggak ngerti betul. #nyehh



Udah baca kan di Wikipedia? Nah, sekarang kita lanjut. Kalo nggak salah nih, hari ini, tepat hari ini, stok alamat IPv4 habis. Karena udah banyak yang pake. Nah makanya diperluin alamat IP baru lagi buat komputer berikut-berikutnya. Jadilah, IPv6 yang persediaan alamatnya jauh lebih banyak. Sampe milyaran kalo nggak salah. Nih buktinya IPv4 udah habis:



IPv6 juga punya fitur-fitur baru. Tadi udah baca Wikipedia kan? Jadi nggak usah disebutin disini lagi. #dasarmales

Kesiapan buat IPv6 nggak cuma dari komputernya, tapi dari provider-nya juga. Kalo udah nginstal IPv6 tapi setelah dites gagal, ya salahin provider-nya *heheheh*.

Buat yang komputernya pake Windows 7, IPv6 udah keinstal dari sononya. Dari Microsoft-nya. Yang jelas, udah nggak perlu nginstal apa-apa lagi, tinggal dari provider-nya aja.

Buat yang masih Windows XP, nginstalnya gampang kok. Buka Command Prompt (Start > All Programs > Accessories > Command Prompt). Terus, disitu cukup ketik:

ipv6 install

Ya udah, tunggu sebentar, sampe jadinya kayak gini:

Installing...
Succeeded.

Kalo buat Windows Vista, saya nggak tau gimana caranya. Tapi coba aja cara diatas. Kalo nggak bisa, toh kenyataannya di Internet nggak cuma ada blog ini aja kan? Buat OS lain juga, browsing aja.

Kalo mau mastiin IPv6 udah berhasil diinstal, ketik aja:

ipconfig

Nanti di layarnya muncul rincian alamat IPnya.

Cukup sekian, dan Selamat Hari IPv6 Dunia!


*mengenai pemanggilan "gan", "agan-agan", atau sejenisnya, hal tersebut berdasar pada hasil polling tentang pemanggilan nama pembaca blog ini, yang telah dimulai sejak beberapa pekan yang lalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar