Kamis, 22 September 2011

Cara Menghilangkan Tulisan ClockLink pada Gadget Jam ClockLink

Buat para blogger, ClockLink mungkin udah populer. ClockLink ini menyediakan gadget-gadget jam buat blog kita, gratis. Yang belom tau atau mau masang jam dari ClockLink, ini websitenya: http://www.clocklink.com.

Tapi sayangnya, jam dari ClockLink ada iklannya. Iklan ClockLink. Kalo kita arahin kursor ke atas jam itu, iklannya muncul. Coba aja arahin kursor ke jam dibawah ini.


Mungkin ada yang pernah kepikir, gimana caranya ngilangin iklan itu, ya kan? Kayak yang ada di sidebar blog ini. Coba arahin kursor ke jam itu. Iklannya nggak muncul. Mau tau caranya?

Disini akan dibahas caranya. Sebetulnya ini nggak bener-bener ngilangin, cuma biar iklan itu nggak muncul ketika kursor diarahin ke jam itu. Konsepnya kayak nutupin/ngehalangin layar touch screen pake kaca. Kalo nggak ditutup kaca, setiap sentuhan akan berpengaruh ke layar itu. Tapi kalo ditutup kaca, nggak ada pengaruh apa-apa kan? Disini, layar sentuh itu adalah jamnya dan kaca penghalang itu adalah elemen <div>.

Kalo udah punya gadget jamnya, langkah pertama masuk ke pengaturan HTML gadget jamnya. Kalo di Blogger bahasa Indonesia, ada di Rancangan > Elemen Laman. Disitu, klik edit di gadget jamnya. Copy kode di bawah ini dan paste di bawah kode HTML jamnya.

<div style="position:absolute; top:0px; left:0px; z-index:1; width:240px; height:80px;"></div>


Angka yang warna merah itu harus disesuaikan dengan kode jamnya. Liat contoh di bawah ini:
<script src="http://www.clocklink.com/embed.js"></script><script type="text/javascript" language="JavaScript">obj=new Object;obj.clockfile="5005-green.swf";obj.TimeZone="Indonesia_Jakarta";obj.width=240;obj.height=80;obj.wmode="transparent";showClock(obj);</script>

<div style="position:absolute; top:0px; left:0px; z-index:1; width:240px; height:80px;"></div>

Penjelasan:
Jadi, width gadget jamnya harus sama dengan width penghalangnya. height-nya juga. Nggak harus sih, cuma sebaiknya sama. Paling enggak jangan lebih kecil.

z-index-nya juga, harus lebih besar dari 0. Soalnya z-index ini nentuin urutan tumpukan elemen, dan secara default kalo nggak diatur, z-index sebuah elemen itu nilainya 0. Makin besar nilai z-index, tumpukannya makin di atas. Karena di contoh itu z-index jamnya nggak diatur, jadi nilai z-index penghalangnya cukup 1.

Kalo ternyata posisi penghalangnya nggak pas sama jamnya, top sama left-nya bisa diatur. Kalo posisinya mau ditambah ke bawah, nilai top-nya ditambah. Kalo ditambah ke kanan, nilai left-nya yang ditambah.

Oke, cukup sekian bahasannya. Semoga bermanfaat buat para blogger atau siapapun lah pokoknya. Sekian, wassalam.

9 komentar:

  1. thx gan atas info'a. ane jd faham.

    BalasHapus
  2. boleh tanya? :O
    cara membuat background blog ini yg item transparan itu gimanaa ya??

    BalasHapus
  3. mantab ,visit http://goodshare2us.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. terimakasih sangat gan. benar2 membantu. sukses selalu buat agan

    BalasHapus
  5. Bro, kok nggak bisa?? Blog ane http://www.id-malang.blogspot.com
    Tolong di cek!! salah di mana?? Mohon pencerahan...

    BalasHapus
  6. pertamaxxx gannnn,,,,

    makasih infonya,,, izin copy gan....

    BalasHapus
  7. gan koq gak bisaa yaa... udah di coba gan....

    BalasHapus